TANYA JAWAB TEORI KONSEP MIPA 2

1.      Di Dalam Kebumian (Ilmu Bumi) Terdiri Dari Gletser, Padang Pasir, Dan Angin. Uraikan Dengan Singkat Tentang Kebumian Tersebut Di Atas!
Jawab:
a.       Gletser Atau Glasier Atau Glesyer Adalah Sebuah Bongkahan Es Yang Besar Yang Terbentuk Di Atas Permukaan Tanah Yang Merupakan Akumulasi Endapan Salju Yang Membatu Selama Kurun Waktu Yang Lama. Saat Ini, Es Abadi Menutupi Sekitar 10% Daratan Yang Ada Di Bumi. Meskipun Banyak Orang Yang Mengira Gletser Selalu Ada Di Daerah Kutub, Sesungguhnya Mereka Juga Bisa Berada Di Daerah Pegunungan Tinggi Di Seluruh Benua, Kecuali Australia, Bahkan Juga Terdapat Di Pegunungan Tinggi Di Daerah Dekat Khatulistiwa.
b.      Dalam Istilah Geografi, Padang Pasir (Jawi: ڤادڠ ڤاسير), Padang Gurun (Jawi: ڤادڠ ڬورون) Atau Gurun (Jawi: ڬورون) Ialah Suatu Kawasan Atau Daerah Yang Menerima Jumlah Kerpasan Yang Sedikit - Kurang Dari 250 Mm Per Tahun. Gurun Dianggap Memiliki Kemampuan Kecil Untuk Mendukung Kehidupan. Jika Dibandingkan Dengan Wilayah Yang Lebih Lembap Hal Ini Mungkin Benar, Walaupun Jika Diamati Secara Saksama, Padang Pasir Sering Kali Memiliki Kehidupan Yang Biasanya Tersembunyi (Khususnya Pada Siang Hari) Untuk Mempertahankan Cairan Tubuh. Lebih Kurang Sepertiga Wilayah Bumi Berbentuk Gurun. Bentang Padang Pasir Memiliki Beberapa Ciri Umum. Padang Pasir Sebahagian Besar Terdiri Daripada Permukaan Batu Karang. Bukit Pasir Dan Permukaan Berbatu Merupakan Sebahagian Pembentuk Lain Gurun.
c.       Angin Adalah Udara Yang Bergerak Yang Diakibatkan Oleh Rotasi Bumi Dan Juga Karena Adanya Perbedaan Tekanan Udara Di Sekitarnya. Angin Bergerak Dari Tempat Bertekanan Udara Tinggi Ke Bertekanan Udara Rendah. Apabila Dipanaskan, Udara Memuai. Udara Yang Telah Memuai Menjadi Lebih Ringan Sehingga Naik. Apabila Hal Ini Terjadi, Tekanan Udara Turun Kerena Udaranya Berkurang. Udara Dingin Di Sekitarnya Mengalir Ke Tempat Yang Bertekanan Rendah Tadi. Udara Menyusut Menjadi Lebih Berat Dan Turun Ke Tanah. Di Atas Tanah Udara Menjadi Panas Lagi Dan Naik Kembali. Aliran Naiknya Udara Panas Dan Turunnya Udara Dingin Ini Dinamanakan Konveksi.
2.      Beberapa Pendapat Ahli Mengatakan Bahwa Peristiwa Alam Dapat Diprediksi, Memiliki Keteraturan Dan Ketidak Teraturan, Bagaimana Pendapat Anda Tentang Alam !
Jawab :
Pendapat Saya Tentang Alam Adalah Tuhanlah Yang Menciptakan Semesta Dari Ketiadaan. Para Filosof Dan Arif Islam Menyebut Masalah Ini Dengan Ragam Tuturan. Misalnya Ibnu Sina Menyebut Bahwa Kemunculan Alam Semesta Ini Adalah Buah Dari Cinta. Dalam Literatur-Literatur Filosof Islam Yang Hidup Seratus Tahun Lalu Tentu Saja Karena Tidak Semasa Dengan Kita Maka Kita Tidak Dapat Menemukan Teori Yang Menjelaskan Kemunculan Ilmu Dengan Pendekatan Sains Dan Pengetahuan Modern Hari Ini. Pada Masa Kiwari, Sebagian Filosof Islam Mampu Merumuskan Teori Dalam Masalah Ini. Di Antaranya Adalah Karya Abbas Ma’arif Dalam Artikel “Matrogen Atau Dzarre Muj-E Bunyadi” (Fundamental Particle Physics) Yang Meminjam Kaidah Fisika Kuantum, Teori Relativitas, Teori Kontstata Plank, Dan Dengan Menyimak Teori Atom Dalam Filsafat Islam, Mampu Menembus Masalah Ini Dan Menjelaskan Penciptaan Sesuatu Dari Ketiadaan Dengan Penjelasan Filosofis Dan Saintis.

3.      Teori :
a.       Dalam The Collapse Of Evolution, Darwin Menyatakan Bahwa Semua Spesies Berasal Dari Moyang Yang Sama Yang Kemudian Berbeda Satu Sama Lain Karena Perubahan Kumulatif Sedikit Demi Sedikit Dalam Waktu Yang Lama. Meskipun Darwin Sendiri Tak Mampu Memberikan Bukti Meyakinkan Untuk Membenarkan Klaimnya Tersebut, Namun Kebanyakan Orang Berpikir Bahwa Teori Evolusi Adalah Fakta Ilmiah. Bagaimana Pendapat Saudara Tentang Teori Tersebut? Jelaskan!
Jawab :
Teori Evolusi (Dalam Kajian Biologi) Berarti Perubahan Pada Sifat-Sifat Terwariskan Suatu Populasi Organisme Dari Satu Generasi Ke Generasi Berikutnya. Perubahan-Perubahan Ini Disebabkan Oleh Kombinasi Tiga Proses Utama: Variasi, Reproduksi, Dan Seleksi. Sifat-Sifat Yang Menjadi Dasar Evolusi Ini Dibawa Oleh Gen Yang Diwariskan Kepada Keturunan Suatu Makhluk Hidup Dan Menjadi Bervariasi Dalam Suatu Populasi. Ketika Organisme Bereproduksi, Keturunannya Akan Mempunyai Sifat-Sifat Yang Baru. Sifat Baru Dapat Diperoleh Dari Perubahan Gen Akibat Mutasi Ataupun Transfer Gen Antar Populasi Dan Antar Spesies. Pada Spesies Yang Bereproduksi Secara Seksual, Kombinasi Gen Yang Baru Juga Dihasilkan Oleh Rekombinasi Genetika, Yang Dapat Meningkatkan Variasi Antara Organisme. Evolusi Terjadi Ketika Perbedaan-Perbedaan Terwariskan Ini Menjadi Lebih Umum Atau Langka Dalam Suatu Populasi.
Evolusi Didorong Oleh Dua Mekanisme Utama, Yaitu Seleksi Alam Dan Hanyutan Genetik. Seleksi Alam Merupakan Sebuah Proses Yang Menyebabkan Sifat Terwaris Yang Berguna Untuk Keberlangsungan Hidup Dan Reproduksi Organisme Menjadi Lebih Umum Dalam Suatu Populasi - Dan Sebaliknya, Sifat Yang Merugikan Menjadi Lebih Berkurang. Hal Ini Terjadi Karena Individu Dengan Sifat-Sifat Yang Menguntungkan Lebih Berpeluang Besar Bereproduksi, Sehingga Lebih Banyak Individu Pada Generasi Selanjutnya Yang Mewarisi Sifat-Sifat Yang Menguntungkan Ini. Setelah Beberapa Generasi, Adaptasi Terjadi Melalui Kombinasi Perubahan Kecil Sifat Yang Terjadi Secara Terus Menerus Dan Acak Ini Dengan Seleksi Alam. Sementara Itu, Hanyutan Genetik (Bahasa Inggris: Genetic Drift) Merupakan Sebuah Proses Bebas Yang Menghasilkan Perubahan Acak Pada Frekuensi Sifat Suatu Populasi. Hanyutan Genetik Dihasilkan Oleh Probabilitas Apakah Suatu Sifat Akan Diwariskan Ketika Suatu Individu Bertahan Hidup Dan Bereproduksi.
Walaupun Perubahan Yang Dihasilkan Oleh Hanyutan Dan Seleksi Alam Kecil, Perubahan Ini Akan Berakumulasi Dan Menyebabkan Perubahan Yang Substansial Pada Organisme. Proses Ini Mencapai Puncaknya Dengan Menghasilkan Spesies Yang Baru. Dan Sebenarnya, Kemiripan Antara Organisme Yang Satu Dengan Organisme Yang Lain Mensugestikan Bahwa Semua Spesies Yang Kita Kenal Berasal Dari Nenek Moyang Yang Sama Melalui Proses Divergen Yang Terjadi Secara Perlahan Ini.
Dokumentasi Fakta-Fakta Terjadinya Evolusi Dilakukan Oleh Cabang Biologi Yang Dinamakan Biologi Evolusioner. Cabang Ini Juga Mengembangkan Dan Menguji Teori-Teori Yang Menjelaskan Penyebab Evolusi. Kajian Catatan Fosil Dan Keanekaragaman Hayati Organisme-Organisme Hidup Telah Meyakinkan Para Ilmuwan Pada Pertengahan Abad Ke-19 Bahwa Spesies Berubah Dari Waktu Ke Waktu. Namun, Mekanisme Yang Mendorong Perubahan Ini Tetap Tidaklah Jelas Sampai Pada Publikasi Tahun 1859 Oleh Charles Darwin, On The Origin Of Species Yang Menjelaskan Dengan Detail Teori Evolusi Melalui Seleksi Alam. Karya Darwin Dengan Segera Diikuti Oleh Penerimaan Teori Evolusi Dalam Komunitas Ilmiah. Pada Tahun 1930, Teori Seleksi Alam Darwin Digabungkan Dengan Teori Pewarisan Mendel, Membentuk Sintesis Evolusi Modern, Yang Menghubungkan Satuan Evolusi (Gen) Dengan Mekanisme Evolusi (Seleksi Alam). Kekuatan Penjelasan Dan Prediksi Teori Ini Mendorong Riset Yang Secara Terus Menerus Menimbulkan Pertanyaan Baru, Di Mana Hal Ini Telah Menjadi Prinsip Pusat Biologi Modern Yang Memberikan Penjelasan Secara Lebih Menyeluruh Tentang Keanekaragaman Hayati Di Bumi.
Meskipun Teori Evolusi Selalu Diasosiasikan Dengan Charles Darwin, Namun Sebenarnya Biologi Evolusioner Telah Berakar Sejak Zaman Aristoteles. Namun Demikian, Darwin Adalah Ilmuwan Pertama Yang Mencetuskan Teori Evolusi Yang Telah Banyak Terbukti Mapan Menghadapi Pengujian Ilmiah. Sampai Saat Ini, Teori Darwin Mengenai Evolusi Yang Terjadi Karena Seleksi Alam Dianggap Oleh Mayoritas Komunitas Sains Sebagai Teori Terbaik Dalam Menjelaskan Peristiwa Evolusi.

b.      Pada Perjalanannya, Teori Ini Ternyata Adalah Dongeng Abad Ke-19 Yang Telah Digugurkan  Oleh Ilmu Pengetahuan Modern. Tumbangnya Teori Evolusi Oleh Ilmu   Pengetahuan Berarti Membuktikan Asal Usul Kehidupan Yang Sesungguhnya Yakni Adanya Penciptaan. Bagaimana Pendapat Saudara?

Jawab :

Tumbangnya Teori Evolusi Oleh Ilmu Pengetahuan Berarti Membuktikan Asal Usul Kehiupan Sesungguhnya Yakni Adanya Penciptaan. Menurut Islam Yang Menolak Teori Evolusi, Itu Didasari Dari Kesalah Pahaman Mereka Tentang Teori Evolusi, Kita Tidak Tau Darwin Apakah Sudah Mengenal Islam Masa Itu Atau Belum, Darwin Sendiri Meragukan Keberadaan Tuhan, Dia Seorang Agnostik, Tapi Kita Tau Orang Tuanya Bukan Beragama Islam, Kita Tau Dia Tidak Mengenal Islam Pada Jamannya. Salah Satu Kesalah Pahaman Tentang Evolusi Adalah Dengan Dikatakannya Oleh Para Creationis Bahwa Manusia Itu Dari Kera. Itu Adalah Kesalahan Yang Fatal, Untuk Mengetahuinya Kita Bahas Dulu Apa Itu Evolusi.

Menurut Wikipedia : Evolusi (Dalam Kajian Biologi) Berarti Perubahan Pada Sifat-Sifat Terwariskan Suatu Populasi Organisme Dari Satu Generasi Ke Generasi Berikutnya. Perubahan-Perubahan Ini Disebabkan Oleh Kombinasi Tiga Proses Utama: Variasi, Reproduksi, Dan Seleksi. Sifat-Sifat Yang Menjadi Dasar Evolusi Ini Dibawa Oleh Gen Yang Diwariskan Kepada Keturunan Suatu Makhluk Hidup Dan Menjadi Bervariasi Dalam Suatu Populasi. Ketika Organisme Bereproduksi, Keturunannya Akan Mempunyai Sifat-Sifat Yang Baru. Sifat Baru Dapat Diperoleh Dari Perubahan Gen Akibat Mutasi Ataupun Transfer Gen Antar Populasi Dan Antar Spesies. Pada Spesies Yang Bereproduksi Secara Seksual, Kombinasi Gen Yang Baru Juga Dihasilkan Oleh Rekombinasi Genetika, Yang Dapat Meningkatkan Variasi Antara Organisme. Evolusi Terjadi Ketika Perbedaan-Perbedaan Terwariskan Ini Menjadi Lebih Umum Atau Langka Dalam Suatu Populasi.

Itulah Pengertian Dari Evolusi, Mungkin Dikarenakan Pada Zaman Dahulu Tidak Mengenal Istilah Dari Evolusi Tapi Istilah Lain Yang Mirip Pengertiannya Dengan Evolusi, Makanya Beberapa Creationis Tidak Mengetahui Bahwa Orang-Oang Sebelum Darwin Sudah Mengemukakannya, Dengan Inti Pembahasan Yang Sama Dengan Teori Evolusi Seperti Saat Sekarang Ini Yaitu Penciptaan Secara Bertahap. Sebelum Darwin, Evolusi Sudah Dikemukakan Oleh Beberapa Ahli Filsafat Yunani Kuno, Baru Setelah Itu Diikuti Oleh Berbagai Ilmuan-Ilmuan Muslim Terkenal Salah Satunya Ibn Khaldun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar